Environment Responsibility in Islam

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang – orang yang berbuat baik. (QS Al-A’raf: 56 )

Dalam al-Qur’an telah dijelas bahwa lingkungan hidup yang meliputi alam sekitar dengan segala isi yang terkandung di dalamnya merupakan anugerah Allah yang harus diolah/dimakmurkan, dipelihara, dan tidak boleh dirusak. Kelestarian lingkungan hidup merupakan persoalan yang sangat diperhatikan dalam Islam. Ia adalah bagian dari ibadah.

Dengan demikian keimanan tidak hanya dimaknai sebagai ibadah vertikal semata melainkan juga ibadah horisontal (kesalehan sosial). Kesalehan ini penting diamalkan sebab ini merupakan prioritas agama Islam selain kita melakukan ibadah vertikal sebagai wujud keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah.

Sebagai orang Muslim kita dituntut untuk beragama Islam secara kaffah (total). Dengan demikian kita juga harus melaksanakan perintah-perintah Allah tersebut dengan penuh tanggung jawab. Dan salah satu perintah Allah AWT yang belum kita laksanakan dengan konkret adalah memelihara lingkungan hidup di sekitar kita secara sistematis, dan programatik.

Pencemaran lingkungan merupakan masalah kita bersama, yang semakin penting untuk diselesaikan, karena menyangkut keselamatan, kesehatan, dan kehidupan kita. Siapapun bisa berperan serta dalam menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan ini, termasuk kita. Dimulai dari lingkungan yang terkecil, diri kita sendiri, sampai ke lingkungan yang lebih luas.

Permasalahan pencemaran lingkungan yang harus segera kita atasi bersama diantaranya pencemaran air tanah dan sungai, pencemaran udara perkotaan, kontaminasi tanah oleh sampah, hujan asam, perubahan iklim global, penipisan lapisan ozon, kontaminasi zat radioaktif, dan sebagainya.

Untuk menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan ini, tentunya kita harus mengetahui sumber pencemar, bagaimana proses pencemaran itu terjadi, dan bagaimana langkah penyelesaian pencemaran lingkungan itu sendiri.

Dan bila dikatakan kepada mereka, “janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi”, mereka menjawab, “sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengadakan perbaikan”. Ingatlah sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi tidak sadar. (Al-Baqarah : 11-12)
You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

terima kasih atas kunjungannya. silahkan menuliskan saran, kritik atau komentar apapun dalam kotak komentar dibawah ini :) dan bila ingin mengkopi, tolong sertakan link dan sumber. tabik!