Human vs Environment

Kehidupan makluk hidup sangat dipengaruhi oleh lingkungannya, akan tetapi sebaliknya kegiatan-kegiatan hidup makluk mempengaruhi dan mengubah lingkungannya. Manusia sebagai makluk hidup dipengaruhi oleh lingkungannya dan kegiatan hidupnya mempengaruhi lingkungannya. Dengan makin meningkatnya jumlah manusia dan makin majunya teknologi, makin besar pula pengaruh manusia terhadap lingkungannya.

Bertambahnya penduduk di desa maka hak milik tanah juga akan semakin sedikit, sehingga tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan pemiliknya. Hal demikian akan berdampak arus urbanisasi meningkat pesat, sebagian warga desa akan mengalir ke kota-kota. Dengan fasilitas kota yang terbatas, menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan kota secara drastis. Banyak kota-kota yang melakukan penebangan pohon, pelebaran jalan, pembangunan gedung-gedung yang menyebabkan tingginya polusi udara di daerah kota.
Lingkungan hidup dapat didefinisikan sebagai:
  • Daerah di mana sesuatu mahluk hidup berada.
  • Keadaan/kondisi yang melingkupi suatu mahluk hidup.
  • Keseluruhan keadaan yang meliputi suatu mahluk hidup atau sekumpulan mahluk hidup, terutama:
  • Kombinasi dari berbagai kondisi fisik di luar mahluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan mahluk hidup untuk bertahan hidup.
  • Gabungan dari kondisi sosial dan budaya yang berpengaruh pada keadaan suatu individu mahluk hidup atau suatu perkumpulan/komunitas mahluk hidup.

Dalam UU no 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup menyebutkan bahwa Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Sedangkan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.

Lingkungan alam bukan saja tempat manusia untuk berpijak dalam menentukan kehidupan, tapi lebih dari itu merupakan titipan dari Allah untuk diolah dan dilestarikan sejak diturunkannya nabi Adam ke muka bumi ini.

Lingkungan mempunyai pengertian yang sangat luas baik dari segi demografis ataupun ruang-lingkup kehidupan sehari-harinya (baca: aktivitas kehidupan). Manusia tidak lepas dari lingkungan alam sekitar yang telah memberikan arti penting untuk memahami dan menyadari betapa lingkungan alam saling mempengaruhi kehidupannya. Oleh karena itu, perlu penyeimbangan dalam membina dan mengolah diri dengan lingkungan alam terutama yang kita tempati.

Pentingnya kesadaran kembali untuk menjaga keharmonisan antara manusia dan lingkungan alam merupakan bentuk syukur kepada Tuhan Semesta Alam yang telah menganugerahkan nikmat yang tak terhitung.
You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

terima kasih atas kunjungannya. silahkan menuliskan saran, kritik atau komentar apapun dalam kotak komentar dibawah ini :) dan bila ingin mengkopi, tolong sertakan link dan sumber. tabik!