I. Analisis Sosial dan Kebijakan
- Tujuan :
- Untuk mengidentifikasi dan memahami persolan – persolan yang berkembang secara lebih mendalam dan seksama.
- Untuk mengetahui potensi yang ada (kekuatan dan kelemahan) yang hidup dalam masyarakat.
- Dapat mengetahui dengan baik mana kelompok yang dirugikan.
- Metode
- Menentukan posisi
- Mengumpulkan data
- Melakukan analisis
- Melakukan kesimpulan
- Analisa persoalan
- Analisa Kebijakan
- Pemilihan isu
II. Manajemen Media
- Strategi Media terkait dengan
- Tujuan
- Target
- Pesan
- Teknik
- Waktu
- Karakteristik Media
- Pembuatan Press release
- Siaran pers memuat rumusan 5 W + 1 H; apa peristiwanya? Siapa subjek yang terlibat? Kapan dan dimana peristiwa itu berlangsung? Mengapa itu berlangsung? Dan bagaimana peristiwa itu berlangsung?
- Paragraf siaran pers menggunakan kalimat dan paragraf pendek. Tujuannya agar mata redaksi dapat bergerak dengan cepat dan mudah.
- Paragraf pembukan siaran pers memuat rumusan 5W+1H di atas. Semakin ke bawah semakin rinci. Dengan kata lain, menggunakan penulisan “piramida terbalik”.
- Lead (awal tulisan) dibuat secara menarik; tidak kaku atau klise kalimatnya.
- Siaran pers memuat: Tulisan PRESS RELEASE disudut kiri atas; Untuk disiarkan pada/Tanggal publikasi (letakkan di bawah tulisan PRESS RELEASE); subjek (apa peristiwanya?); Kontak Person yang dapat dihubungi (sebagai penanggung jawab aktivitas tersebut).
- Judul ditulis dengan huruf kapital.
- Jika siaran pers lebih dari satu halaman, tulsiakan “lembar berikut” pada bagian bawah halaman pertama.
- Akhir siaran pers, bubuhkan tanda tangan penanggung jawab aktivitas (umumnya ketua umum), dengan disertai stempel.
- Pengiriman siaran pers paling lambat satu-dua jam menjelang deadline.
IV. Psikologi Massa
V. Teknik Orasi dan Berpidato
Organisasi Aksi Massa
- Pengertian aksi massa
- Sifat Aksi:
- Aksi Politik
- Aksi Sosial Ekonomi
- Macam – macam aksi massa:
- Unjuk Rasa, Unjuk sikap, show of force (Mendesakkan sesuatu)
- Aksi solidaritas
- Apel akbar dll
- Besaran aksi:
- Secara kuantitatif : bergantung pada jumlah massa
- Secara kualitatif : bergantung pada signifikansi isu dan opini
- Peserta Aksi :
- Koordinator Umum (KORDUM)
- Kordinator Lapangan (KORLAP) + asisten korlap
- Acara
- Agitator/ Orator
- Negosiator
- Humas Aksi
- Logistik
- Keamanan
- P3K
- Peserta solid
- Penggembira/ partisipan
- Infiltran (penyusup)
- Karakteristik peserta aksi :
- Homogen (pesetta bersal dari satu kelompok yang sama)
- Heterogen (Berasal dari berbagai kelompok/ gabungan)
- Perlengkapan aksi :
- Sound system + megaphone
- Spanduk & poster
- Tanda pengenal
- Tali pengaman
- Pernyataan sikap, release & leaflet
- Alat dokumentasi
- dll
- Setting aksi :
- Aksi damai/ simpatik
- Aksi keras
- Gabungan
- Pengamanan Aksi :
- Penentuan peta lokasi aksi
- Penempatan personil keamanan pada titik rawan
- Menetapkan titik rawan dan melakukan tindakan prepentif.
- Memberi tanda khusus peserta solid dan keamanan.
- Mengawasi reaksi provokator.
- Mengawasi reaksi aparat.
- Membersihkan peserta dari para provokator
- dll
MEMBUTUHKAN TRAINER UNTUK:
TRAINING OUTBOND ATAU INDOOR
TRAINING PENGEMBANGAN DIRI
COMMUNITY DEVELOPMENT TRAINING
EDUCATION TRAINING
email: menlu_die[at]yahoo.co.id
ym: menlu_die
fb: maringan.wahyudianto
tw: @ikhwankiri
*tim terdiri dari trainer FKAPMEPI, TIO KAMMI, B-07dotCOM, Youth Care Community
0 comments:
terima kasih atas kunjungannya. silahkan menuliskan saran, kritik atau komentar apapun dalam kotak komentar dibawah ini :) dan bila ingin mengkopi, tolong sertakan link dan sumber. tabik!