Pergerakan Islam Terbesar Abad Ke-14 H

Judul           : Pergerakan Islam Terbesar Abad Ke-14 H
Penulis        : DR. Muhammad Sayyid Al-Wakil
Penerbit      : Asy-Syaamil Press & Grafika
Tebal          : 336 halaman, 23,5cm

Salah satu ciri paling otentik adanya sebuah kebangkitan ialah munculnya berbagai ragam pergerakan. Maka dapat dikatakan munculnya berbagai pergerakan adalah konsekuensi logis dari sebuah kebangkitan, baik dalam konteks bangsa atau umat. Itulah awal kata pengantar yang dituliskan Abu Ridha,Lc pada buku ini. Dengan bahasa yang sederhana dan pembahasan yang menyeluruh, pastilah buku ini mudah dipahami, dan dapat dikatakan buku ini termasuk buku yang bisa memberikan sajian luar biasa bagi pembacanya.

Pada buku ini dibahas tentang analisis manhaj salah satu gerakan Islam yaitu gerakan Ikhwanul Muslimin. Sekilas tentang gerakan ini adalah gerakan yang memadukan kehidupan keagamaan dengan kehidupan politik, menggabungkan antara kondisi social dengan kondisi perekonomian serta memformulasikan semua secara modern. Pendiri gerakan ikhwanul muslimin ini adalah Imam Syahid Hasan Ahmad Abdur Rahman Al-Banna rahimahullah atau sering disebut dengan Imam Hasan Al-Banna. Seseorang yang mengkaji kehidupan Hasan Al-Banna pasti akan melihat bahwa ia telah ikut andil dan berpartisipasi dalam berbagai organisasi kebajikan dan perbaikan, padahal usianya waktu itu belum genap 13 tahun.

Di dalam buku ini juga memuat tentang pembunuhan yang dilakukan terhadap Imam Hasan Al-Banna, sampai rekayasa-rekayasa yang dilakukan oleh Jamal Abdun Nashir untuk melakukan penindasan terhadap Ikhwanul Muslimin.

Sesosok Sayyid Quthb pun tak lepas dari incaran pemerintahan. Sekilas tentang Sayyid Quthb, beliau adalah seorang yang cerdas dan jenius, terlihat dari tuliasan-tulisan beliau yang dimuat di surat kabar.beliau juga terlibat dalam polemik sastra yang terjadi di antara para pemikir besar dan tokoh-tokoh sastra. Hingga akhirnya, dengan dakwah yang berupa tulisan dan lisannya, beliau ditangkap dan dikebloskan ke dalam penjara perang serta mendapatkan siksaan yang luar biasa dahsyatnya. Dan ternyata tidak hanya berhenti sampai di situ saja, karena masih banyak teror yang dilontarkan kepada Ikhwanul Muslimin. Sehingga semakin memperlihatkan bahwa begitu besar perjuangan yang telah dilakukan oleh Ikhwanul Muslimin dalam dakwah bagi dunia.
You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

terima kasih atas kunjungannya. silahkan menuliskan saran, kritik atau komentar apapun dalam kotak komentar dibawah ini :) dan bila ingin mengkopi, tolong sertakan link dan sumber. tabik!