Risalah Pergerakan Al Ikhwan Al Muslimin

Judul buku     : RISALAH PERGERAKAN AL IKHWAN AL MUSLIMIN 1
Judul asli        : Majmu’ah Rasail Al Imam Asy bSyahid Hasan Al Banna
Penerbit         : Daarud-Dakwah, Iskandaria, Mesir
Penerjemah    : Anis Matta, Lc; Rofi’ Munawar, Lc; Wahid Ahmadi
Penerbit         : Era Intermedia 
Hlmn buku     : 336  halaman

Dakwah menurut kami adalah suatu keterusterangan dimana tidak ada yang samar-samar, dan kami membawa sebuah misi dakwah yang bersih dan suci. Selalu menapaki jalan panjang kebenaran yang telah digariskan oleh Allah. Islam sejak kemunculannya yang pertama hingga kini berumur empat belas abad lebih, sepanjang rentang waktu tersebut Islam mengalami pasang surut peradaban. 

Pertanyaaan yang paling relevan adalah pada periode manakah umat Islam sekarang ini  berada? Umat sekarang ini berada pada seburuk – buruk periode yakni Mulkan Jabbariyan, suatu periode dimana secara de jure hukum Islam tidak lagi tegak di muka bumi, apalagi secara de facto. Inilah periode dimana Khilafah Islamiyah tidak lagi tegak dan inilah yang sedang dialami oleh umat saat ini. 

Umat Islam telah melalui sejarahnya yang panjang dengan kebangkitan dan kemunduran yang datang silih berganti. Hal yang serupapun juga dialami oleh peradaban – peradaban yang lain. Ini merupakan suatu sunatullah yang tak bisa ditawar - tawar lagi. Pada setiap kurun yang dialui oleh umat, kita selalu melihat didalamnya terdapat krisis dalam aspek – aspek tertentu dari kehidupannya. 

Setiap fenomena kebangkitan akan melahirkan tokoh – tokoh ulama, mujahid, atau ulama mujahid dengan karya - karya amal maupun karya tulis yang juga khas. Kehadiran Al Ikhwan Al Muslimin merupakan jawab terhadap krisis yang sedang melanda umat Islam pada saat ini. Hasan Al Banna sebagai peletak dasar gerakan benar – benar memahami karakter krisis tersebut. Krisis yang terjadi tidak hanya terpaku pada aspek – aspek tertentu akan tetapi menyentuh seluruh aspek kehidupan. Hampir dalam semua segi kaum muslimin mengalami kemunduran. 

Lihatlah betapa secara politik mereka terjajah dan tidak memiliki lembaga ” Daulah Islamiyah” yang mampu mengayomi warganya. Maka... apa yang dibutuhkan oleh umat pada masa sekarang? Tidak lain kecuali munculnya sebuah gerakan dakwah terpadu dan menyodorkan sebuah solusi sistemik bagi permasalahan umat yang sudah demikian parah dan berlarut – larut. Dan peran inilah yang coba dimainkan oleh jamaah Al Ikhwan Al Muslimin. Dengan segenap sumber daya dan perangkat yang dimiliki tampil dengan melontarkan isyu sentral : ” Kembali Pada Keutuhan Islam”. Yaitu kembali pada pemahaman terhadap Islam secara integral dan komprehensif, bukan Islam yang parsiual dan tambal sulam. 

Islam sebagai suatu sistem yang mengatur hidup dan kehidupan manusia dalam segala aspeknya, dan bukan Islam yang dipahami hanya sebagai suatu batas simbol dan ritual peribadatan semata.
You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

terima kasih atas kunjungannya. silahkan menuliskan saran, kritik atau komentar apapun dalam kotak komentar dibawah ini :) dan bila ingin mengkopi, tolong sertakan link dan sumber. tabik!