Agenda Kebijakan Strategis KAMMI

Berikut ini adalah rancangan utama bagi yang merasa kader-kader KAMMI di seluruh Indonesia tentang bagaimana ke depannya kader-kader KAMMI menjadi kader strategis. Silahkan dikritisi, walaupun sebenarnya ini sudah sering aku lontarkan diberbagai forum yang KAMMI yang aku ikuti.

Agenda strategis, terbagi 2 poin utama:
1. Pencerdasan Kader
    Poin mengapa Pencerdasan kader menjadi penting, idealitanya adalah sbb:
  • Membekali kader dengan pemahaman konsep (teori) konstruksi ideologi Islam sebagai sebuah sistem yang tidak hanya normatif  tetapi juga positif (aplikatif)
  • Mempertajam kepekaan dan kemampuan analisis kader terhadap problematika ummat sebagai upaya rekayasa opini publik dalam menjalankan fungsi kontrol KAMMI terhadap kebijakan pemerintah daerah maupun pusat
  • Pengembangan potensi intelektualitas kader
  • Pencitraan eksistensi positif KAMMI yang menciptakan kepercayaan dan dukungan publik/basis social menuju Rekayasa Peradaban Ummat
2. Mempengaruhi Kebijakan Publik
    Berikut poin idealitanya, sbb:
  • Dept. Kebijakan Publik sebagai think-tank jelas memiliki keterbatasan gerak dalam “menebarkan konsepsinya” dalam wilayah yang lebih luas, karena itu Kebijakan Publik membutuhkan jembatan-jembatan yang akan menghubungkannya dengan massa lain (termasuk birokrat) di luar KAMMI agar mereka juga memahami ide-de serta gagasan-gagasan yang dibangun oleh KAMMI. 
  •  Mencari, merangkai serta menyajikan data tentang persoalan sosial politik untuk dikaji dan dianalisa guna memprediksikan kondisi yang akan terjadi ke depan. Dalam derap langkah KAMMI pekerjaan semacam ini akan memberikan kontribusi yang cukup signifikan untuk ikut menjadi bahan-bahan pertimbangan penting dalam mengeluarkan statement serta kebijakan-kebijakan KAMMI secara keseluruhan.
  • Melakukan serangkaian analisa mendalam terhadap sejumlah persoalan yang sedang berkembang yang dituangkan dalam sejumlah rencana ke depan sekaligus diharapkan akan mampu meng-counter isu-isu negatif yang berkembang di masyarakat.
Berikut adalah materi yang penting untuk dikaji dan dicermati terkait 2 poin agenda strategis untuk masuk pada tataran aksi strategis.
  1. Membaca Politik dan Konsolidasi Elit Nasional
  2. Perselingkuhan Politisi dan Ekonom Kapitalis: Efek domino bagi Indonesia
  3. Intervensi Penegakan Hukum Pada Kasus-Kasus Besar
  4. Gerakan Mahasiswa : Antara Fenomena Politik Kampus dan  Aksi Politik Nasional
  5. KAMMI: Mempengaruhi Kebijakan Publik?

You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

2 comments:

  1. yud logonya kammi ku-copast ya. jujur aq gk tertarik isi tulisan, lebih tertarik gambarnya :>. piss.

  2. monggo kang wuri.
    aq ada plan sama presdirku ke madiun. tp blon tw sh kpn pastinya, tar klo kesana kucoba maen. hehee...

terima kasih atas kunjungannya. silahkan menuliskan saran, kritik atau komentar apapun dalam kotak komentar dibawah ini :) dan bila ingin mengkopi, tolong sertakan link dan sumber. tabik!