Urgensi Tarbiyah sebagai Pilar Dakwah

Setiap permasalahan tidak luput dari penyebab internal ataupun eksternal. Masalah umat Islam secara internal hari ini memang cukup memprihatinkan, dimana secara umum banyak muslim yang kemudian akidahnya dikotori oleh banyak kepercayaan yang jauh dari nilai-nilai tauhid dan akidah yang lurus. Tsaqafah (wawasan) di kalangan umat dirasakan sangat jauh dari cukup, dakwah tidak begitu berjalan sedangkan yang berjalanpun kurang berkesan membentuk generasi rabbani (ciri pribadi yang senantiasa mengajarkan Islam dan juga mempelajari nilai Islam). Puncaknya, akhlak umat islam secara keseluruhan dipengaruhi tingkah laku dan budaya barat yang jahiliyah.

Jalan dakwah amatlah panjang dan tak terkira kesulitan yang ada padanya. Sebab itulah diperlukan beberapa persiapan secara proporsional. Tak bisa dipungkiri, persiapan-persiapan yang diperlukan seorang da’i bersifat madah hayah (sepanjang hidup), karena kewajiban dakwah berlaku selama itu pula. Tarbiyah Islamiyah merupakan salah satu kunci dalam upaya persiapan ini. Gerak dakwah tak bisa dilepaskan dari upaya tarbiyah yang tawazun (seimbang), tadarruj (bertahap), istimrar (kontinyu).
“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu)kamu menggetarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya.....”
(Al Anfal 60)
You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

terima kasih atas kunjungannya. silahkan menuliskan saran, kritik atau komentar apapun dalam kotak komentar dibawah ini :) dan bila ingin mengkopi, tolong sertakan link dan sumber. tabik!