Ghost Writer dan Para Hantu di Dunia Kreatif

Ghost Writer Movie
Ghost Writer Movie

Ghost writer atau penulis hantu bukanlah sejenis dedemit setan belang yang menakutkan, ini adalah profesi penulis yang memang dibayar untuk menulis buku, artikel, cerita, laporan atau tulisan yang pada akhirnya karya itu akan diakui oleh orang lain. Para pemakai jasa ghost writer kebanyakan adalah orang-orang penting yang sibuk, orang-orang yang punya banyak ide dan cerita namun tak punya banyak waktu untuk menuangkan gagasan-gagasannya dalam bentuk tulisan. Untuk itulah profesi ini ada.
Jangan bicara ketidakadilan pun kejanggalan di sini, yang menulis kita ujung-ujungnya cuma buat diakui orang lain sebagai karyanya. Tak perlu protes, ini fenomena yang sudah berkembang sejak puluhan tahun lalu. Tak ada yang bersedih ketika si penulis asli tak dicantumkan namanya, bahkan sudah siap untuk terpinggirkan dari kepopuleran. Biasanya ghost writer ini bersembunyi dibalik nama editor buku.
Yakini saja, ketika ada seorang tokoh terkenal menulis buku, tuduhannya sudah jelas, bukan dia yang menulis, pasti editornya. Si tokoh hanya memberikan data-datanya.
Tak cuma ada di dunia tulis-menulis, di dunia kreatif banyak bertebaran ‘hantu-hantu kreatif’ dan ini sah-sah saja.
Walter Elias
 Disney - Disney Picture
Walter Elias Disney - Disney Picture
Walter Elias Disney ketika muda sangat kreatif, menciptakan banyak karakter kartun yang kemudian diangkat ke dalam bentuk film. Salah satu karakter kartun awal ciptaannya yang masih terkenal hingga sekarang adalah Mickey Mouse, diciptakan dari karakter tikus peliharaannya. Selanjutnya karakter-karakter kartunnya berkembang dalam perusahaan yang didirikannya, The Walt Disney Company.
Tak terhitung banyaknya karakter kartun dari film Disney yang pernah kita tonton.
Pertanyaannya, lantas siapa yang melanjutkan gaya menggambar ala Disney? Sementara Walter Ellias Disney sudah keburu meninggal 15 Desember 1966 di Burbank, California, Amerika.
Itulah industri. Bilamana ada orang yang berpikiran bahwa kreativitas itu semua harus dari dirinya sendiri, dari konsep sampai eksekusi, silahkan masuk dalam daftar antrian panjang orang-orang yang akan digerus oleh jaman. Peletakan batu awal kreatif sebagai fondasi kehidupan memang harus dimulai dari diri sendiri, selanjutnya pengembangan kreativitas lebih lanjut tinggal membentuk tim, dari tim itulah nanti yang akan mengembangkan ide-ide kreatif selanjutnya.
Toh menularkan kreativitas itu membahagiakan diri sendiri, juga orang lain.
Tolong bedakan antara orang kreatif dengan seniman. Orang kreatif akan mencari bentuk-bentuk kreativitas yang dituangkan dalam gagasan dengan eksekusi bersama. Seniman melakukan bentuk-bentuk kreativitas itu semuanya sendiri. Dari mencari ide, merumuskan, mengintisarikan, sampai mengeksekusikan.
Para Pemakai Jasa Ghost Writer dan Hantu Kreatif
Seperti yang sudah disinggung di awal, konsumennya jelas orang-orang penting yang sangat sibuk, sampai-sampai tak punya banyak waktu untuk melamun barang sejenak, menuangkan lamunannya itu ke dalam bentuk karya.
Siapa saja mereka?
Banyak! Bisa politisi, negarawan, artis, orang-orang terkenal lain, pun profesi tertentu bahkan agamawan. Mari kita bongkar, tapi nggak semua karena keterbatasan data:
  • Di bidang politik hampir semua pejabat menggunakan jasa ghost writer untuk menuliskan gagasan mereka. Bila buku itu sukses di pasaran, yang terkenal jelas bukan ghost writer-nya, tapi si politikusnya.
  • Di bidang entertainmen pun begitu. Artis yang ingin bernarsis ria kelewatan, biasanya menulis buku atas namanya meski itu dikerjakan oleh ghost writer. Bilamana masih punya rasa sungkan, biasanya hanya mencantumkan namanya dengan tulisan dari orang lain. Seperti ‘Biografi Anu, ditulis oleh Una’.
  • Ilusionis terkenal sepanjang jaman, Harry Houdini, yang menulis kisah-kisahnya untuk majalah-majalah fiksi ilmiah tahun 1920-an adalah H.P. Lovecraft, meski di kemudian hari Lovecraft akhirnya jadi terkenal sebagai penulis genre horor, fantasi dan fiksi ilmiah.
  • Ensiklopedi Kepausan yang dikeluarkan oleh Paus Pius XI, Humani Generis Unitas, sebenarnya ditulis oleh John La Farge yang membuat draft, kemudian dilanjutkan oleh Gustave Gundlach dan Gustave Desbuquois.
  • Dan seterusnya, kalo ada data tambahan tentang ghost writer dan para hantu kreatif, mohon ditambahi untuk melengkapkan.
Diangkat ke Film
Ghost Writer Movie
Ghost Writer Movie
Ini yang menarik, kisah tentang ghost writer diangkat ke layar lebar oleh sutradara Roman Polanski dengan durasi 128 menit.

Berkisah tentang ghost writer (Ewan McGregor) yang mendapat pekerjaan menulis biografi mantan Perdana Menteri Inggris, Adam Lang (Pierce Brosnan). Di tengah perjalanan mengumpulkan data, ia mendapati hal-hal yang tak diinginkan. Menemukan banyak bukti skandal politik hingga rahasia gelap Adam Lang dengan CIA. Ini membuatnya berpikir keras antara menulis berdasarkan kenyataan atau mengacu pada kebohongan.

Yang jelas bukan film horor! Ini sinema adaptasi novel ‘The Ghost’ karya Robert Harris, mantan wartawan BBC. Mengisahkan tentang mundurnya Tony Blair dari kursi Perdana Menteri Inggris. Polanski sendiri sempat ditangkap polisi Swiss bulan September 2009 dalam perjalanannya ke Zurich Film Festival. Kejadian ini membuat pembuatan filmnya jadi tertunda dan ia tetap mengerjakan pasca-produksinya dari balik penjara.
Film ini akhirnya kelar dibuat dan diluncurkan 19 Februari 2010 lalu di Amerika. Masuk ke Indonesia tanggal 15 April kemarin. Buat yang suka dengan hal-hal konspirasi, intrik, lika-liku politikus korup, film ini jadi alternatif yang wajib ditonton. Bukan cuma itu, kisah seputar profesi ghost writer juga dibahas di sana.

You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

terima kasih atas kunjungannya. silahkan menuliskan saran, kritik atau komentar apapun dalam kotak komentar dibawah ini :) dan bila ingin mengkopi, tolong sertakan link dan sumber. tabik!