Tarbiyah nukhbawiyah

Tarbiyah nukhbawiyah adalah kelanjutan dari tarbiyah jamahariyah (kaderisasi massa) yang saling melengkapi dan tidak boleh dipisah antara satu dengan yang lainya. Tarbiyah nukhbawiyah adalah kaderisasi yang difokuskan kepada orang-orang tertentu hasil rekruting massa, bertujuan untuk mempersiapkan para da’i dan murobbi di tengah-tengah masyarakat dan untuk masyarakat. Sehingga acuan pada tarbiyah nukhbawiyah ada pada kualitas kader bukan pada kuantitasnya.

Tarbiyah nukhbawiyah bertujuan meningkatkan berbagai kemampuan dan keahlian kader agar dapat berperan dalam mengendalikan dan merekrut massa, di bidang tarbiyah, da’wah, harokah dan siasah dan untuk menyiapkan masyarakat agar dapat melaksanakan peranannya dalam gerakan reformasi dan perubahan.

Tidak semua orang harus mengikuti tarbiyah nukhbawiyah atau dipaksakan, karena potensi, kemampuan dan kesiapan manusia tidak sama dan tidak semua orang memiliki kesiapan menjadi aktifis da’wah. Pandangan yang jauh ke depan, kejernihan hati, bijak, sabar, mencintai orang lain dan bersemangat membimbing mereka selain tawakal kepada Allah, ikhlas hanya menginginkan balasan dari Allah ialah sifat-sifat yang harus dimiliki para da’i, membuat sesuatu yang dibenci menjadi disenangi, yang jauh menjadi dekat dan lawan menjadi kawan.

Ikhwah fillah, tugas kita di muka bumi ini hanya ada tiga; sebagai hamba Allah, sebagai kholifah dan sebagai da’i ( Ali-Imran: 102-104).
You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

terima kasih atas kunjungannya. silahkan menuliskan saran, kritik atau komentar apapun dalam kotak komentar dibawah ini :) dan bila ingin mengkopi, tolong sertakan link dan sumber. tabik!